Philanthropic Esoteric in Fayd al-Rahman Interpretation by Kiai Shalih Darat

Thoriqul Aziz, Abad Badruzaman

Abstract


Salah satu ajaran al-Quran yang juga menjadi basis dalam ajaran Islam ialah tentang filantropi. Telah banyak mufasir yang menafsirkan filantropi dalam karyanya masing-masing sebagai jawaban atas problem sosial yang dihadapi pada masanya. Artikel ini membahas tentang filantropi  dalam tafsir Fayd al-Rahman karya Kiai Shalih Darat Semarang. Dalam artikel ini digunakan metode deskriptis-analitis dengan meminjam teori sosiologi pengetahun Karl Mannheim sebagai pisau analisinya. Kiai Shalih Darat memiliki gaya penafsiran yang berbeda dengan mufasir lain yakni dengan ciri khas nuansa sufi-ishari. Kiai Shalih Darat mengaplikasikan corak penafsirannya dalam menafsirkan ayat-ayat filantropi. Bentuk-bentuk filantropi dalam Fayd al-Rahman antara lain zakat, sedekah, dan infaq. Sebagaimana ciri khas penfasiran sufi-ishari, Kiai Shalih Darat menafsirkan ayat-ayat filantropi dengan mengadopsi dua makna sekaligus (dhahir-batin). Namun sisi esoteric (batin) lebih diutamakannya.  Dalam penafsirannya tersebut, Kiai Shalih Darat mencoba untuk menjawab problem sosial yang ia hadapi di kota Semarang. Kehidupan Semarang saat itu identic dengan menjamurnya tindak a-moral pada diri masyarakatnya, sehingga perlu untuk adanya pembinaan hati untuk menjadi masyarakat yang bermoral.

Keywords


Philanthropic; Fayd al-Rahman; Esoteric; Kiai Shalih Darat

Full Text:

PDF

References


REFERENCE

Abidin, Thoriqul Aziz dan Ahmad Zainal.”Dukungan Penafsiran Sufistik Alquran dengan Emotional Spiritual Quotient (ESQ), dalam Ilmu Ushuluddin”, Volume 6, Number 1, January 2019.

al-‘Akk, Khalid ‘Abd al-Rahman. Ushul al-Tafsir wa Qaw>’iduhu, Beirut: Dar al-Nafa’is, 1986.

al-Baqiy, Muhammad Fu’ad Abd. Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfaz al-Qur’an al-Karim. Kairo: Dar al-Hadits, 1364 H.

al-Suyuthi, Jalaluddin. Al-Itqan fi ‘Ulum al-Qur’an, Beirut: Dar al-Fikr, 1991, II

Aziz, Ahmad Zainal Abidin dan Thoriqul. ”Moderate Interpretation of Shalih Darat in His Fayd al-Rahman”, Theologia, Vol 30 No 1 (2019).

Aziz, Munawir.“Produksi Wacana Syiar Islam dalam Kitab Pegon Kiai Shalih Darat Semarang dan Kiai Bisri Musthofa Rembang”, dalam Afkaruna: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 9, No. 2 July 2013.

Bruinessen, Martin Van. Kitab Kuning, pesantren, dan Tarekat, Yogyakarta: Gading Publishing, 2012.

Gusmian, Islah Tafsir Al-Qur’an & Kekuasaan di Indonesia: Peneguhan, Kontestasi, dan Pertarungan Wacana, Yogyakarta: Salwa, 2019.

----------, Islah.”Tafsir Al-Qur’an Bahasa Jawa: Peneguhan Identitas, Ideologi, dan Politik”,Ṣuḥuf, Vol. 9, No. 1, 2016.

Hastuti, Qurratul ‘Aini Wara. ”InfaqTidak Dapat Dikategorikan Sebagai Pungutan Liar”, ZISWAF, Vol. 3, No. 1, June 2016.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Offline.

Kaysie, Ahmad Aly. Tafsir Esoterik Shalat Menurut Kiai Shalih Darat. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijogo, 2016.

Khaliqan, Ali Mas’ud. Pemikiran Kiai Shalih Darat al-Samarani: Maha Guru para Ulama Nusantara, Surabaya: Pustaka Idea, 2018.

Knysh, Alexander D. “Sūfism and the Qur’ān”, Ed. Jane Dammen Mc Auliffe, Journal Encyclopaedia of The Qur’an, Vol. 5, Brill Leiden-Boston, 2006.

Masrur, M. “Kiai Shalih Darat, Tafsir Faidh al-Rahman, dan RA.Kartini”, Taqaddum, Vol. 4, No. 1 July 2012.

Misbah, Aflahal.”Propaganda Kiai Sholih Darat dalam Upaya Mewujudkan Harmoni di Nusantara: Telaah Kitab Minhaj al-Atqiya”, Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, Vol. 1, No. 4 Year of 2016.

Mughniyah, Muhammad Jawad, Fiqih Lima Mazhab, translated by Maskur AB, dkk, Jakarta: Penerbit Lentera, 2015.

Muhibbuddin, Muhammad. Konflik dan taktik Perang jawa 1825-1830: Menelusuri Jejak Jihad dan Pengorbanan Pangeran Diponegoro, Yogyakarta: Araska, 2018.

Mustaqim, Abdul. “The Epistemology of Javanese Qur’anic Exegesis: A Study of Salih Darat’s Fayd al-Rahman”, Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, Vol. 55, No. 2, Year of 2017.

-----------, Abdul. Dinamika Sejarah Tafsir al-Qur’an: Studi Aliran-aliran tafsir Dari Periode Klasik, Pertengahan, Hingga Modern-Kontemporer, Yogyakarta: Adab Press, 2012.

Rohmana, Jajang A.”Tafsīr Filantropīyat al-Qur’ān al-Karīm fī Indonesia: Musāhamat Tafsīr Sūrat al-Mā‘ūn li Kiai al-Ḥāj ‘Abd al-Ḥalīm (1887-1962)” Studia Islamika, Vol. 25, No. 3, 2018.

Sa’i, Muhammad.”Filantropi dalam Al-Qur’an: Studi Tematik Makna dan Implementasi Perintah Infak dalam Al-Qur’an”,Tasâmuh, Volume 12, No. 1, December 2014,

Shihab, M. Quraish. Kaidah Tafsir: Syarat, Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-ayat Alquran. 3rd printed, Tangerang: Lentera Hati, 2015.

Sokheh, Mukhamad.”Tradisi Intelektual Ulama Jawa: Sejarah Sosial Intelektual Pemikiran Keislaman Kiai Shalih Darat”, Paramita, Vol. 21, No. 2, July 2011.

Suma, Muhammad Amin. “Zakat, Infak, dan Sedekah: Modal dan Model Ideal Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Modern”, Al-Iqtishad Vol. V, No. 2, July 2013.

Umar, Muhammad Shalih Ibnu. Fayd al-Rahman Fi Tarjamat Kalam Malik al-Dayyan, Eds. Digital, Ed. Ikhwan dan Anasom, Semarang: Panitia Haul KH. Shalih Darat, 2012.

Wibowo, Arif. ”Distribusi Zakat dalam Bentuk Penyertaan Modal Bergulir Sebagai Accelerator Kesetaraan Kesejahteraan”, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 12, No. 2, April 2015.

Zakariya, Ahmad bin Faris bin. Mu 'jam Maqayis al-Lughah, Kairo: Dar al-Fikr, 1979.




DOI: https://doi.org/10.18326/mlt.v5i1.98-119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

Jl. Nakula Sadewa V No. 9, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50722
Lt. 2 Gedung Skretariat Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora